Macam-macam istilah dalam bisnis online


Afiliasi
anda menjadi member sebuah perusahaan afiliasi untuk memasarkan produk lewat link yang diberikan kepada anda, komisi yang diberikan
Reseller
Artinya adalah, orang yang menjualkan suatu produk dari sebuah website. Pada umumnya, orang yang menjadi reseller akan mendapat komisi sekian persen jika reseller tersebut berhasil menjual produk dari sebuah website.
Contohnya, amazone.com. Setiap kali anda melakukan penjualan produknya anda akan mendapat komisi.
Referal / Referer
Adalah orang yang mengajak anda bergabung / orang yang memberikan anda referensi suatu produk atau website.
Resell Rights
Istilah ini di artikan sebagai “Produk yang boleh anda jual kembali, tapi konsumen anda tidak boleh menjualnya kembali”
Master Resell Rights
Produk yang boleh anda jual kembali, dan anda boleh memberikan hak yang sama kepada konsumen anda. Anda bisa juga memberikan konsumen anda dengan lisensi Resell Rights.
Private Label Rights
Produk yang isi-nya boleh anda edit, lalu anda jual. Dan konsumen anda bisa anda berikan lisensi Private Label Rights, Master Resell Rights, Resell Rights, terserah Anda. Produk dengan lisensi Private Label Rights, haruslah menyertakan source code-nya jika itu software. Jika produk tersebut berupa eBook, maka anda akan di beri file .doc / .txt. biasanya, produk dengan lisensi ini memberikan ijin kepada anda, untuk mengakui bahwa produk tersebut buatan anda (tergantung kepada pembuatnya).
Giveaway Rights
Anda di izinkan untuk memberikan produk tersebut kepada orang lain, tetapi orang lain tersebut tidak boleh menjualnya.
Branding Rights
Anda dapat merubah url website, Nama, link afiliasi suatu produk dengan milik anda sendiri.
Autoresponder
Adalah penjawab email otomatis.
Subscribe / unsubscribe
Istilah ini dipakai dalam mailing list/newsletter , dengan kata lain Subscribe berarti mendaftarkan diri anda ke suatu mailing list dengan cara memasukkan nama dan email anda pada sebuah website, dan Unsubscribe berarti keluar dari suatu mailing list. Biasanya dalam email anda akan di berikan sebuah link untuk Unsubscribe.
E-book
E-book adalah singkatan dari electronic book. Ebook tidak berbeda dengan buku yang beredar di toko buku. Hanya saja, isi dari tulisan-tulisannya di rubah menjadi digital sehingga untuk membacanya harus menggunakan komputer. Contoh ebook adalah tulisan yang sedang anda baca ini.
E-zine
E-Zine adalah singkatan dari electronic magazine. Ezine tidak berbeda dengan majalah yang biasa anda beli di tukang koran. Hanya saja isi dari tulisan-tulisannya di rubah menjadi digital sehingga untuk membacanya harus menggunakan komputer.
Autosurf
Autosurf Adalah program yang memberikan keuntungan sekian persen per hari atau per bulan namun anda di wajibkan untuk membuka web site klien mereka setiap hari (banner / iklan).
HYIP
HYIP adalah singkatan dari High Yield Investment Program. cara kerjanya adalah, Anda menaruh sejumlah uang / dana kepada sebuah web site yang menjanjikan keuntungan sekian persen / bulan atau per hari.
PTR, PTC & PTS Program
Adalah singkatan dari Pay To Read, Pay To Click dan Pay To Signup. ini adalah program dari web site pemasang iklan. Mereka menjanjikan akan memberi imbalan sejumlah uang kepada para member hanya dengan membaca email, mengklik iklan banner atau mendaftar pada suatu web site.
E-gold
E-Gold adalah suatu alat pembayaran digital (digital cash) yang dapat dipergunakan di seluruh dunia, dikeluarkan oleh e-gold Ltd., standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia, dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan
e-gold
e-gold adalah suatu mata uang seperti halnya rupiah dan dollar, bukan merupakan mata uang nasional suatu negara. Ini berarti tidak ada suatu negara yang mengeluarkan uang kertas ataupun logam dalam mata uang e-gold.
Untuk menjadikan E-Gold menjadi mata uang Rupiah, anda bisa mencari pembelinya melalui google.com
Ketik jual beli egold
Safelist
Safelist adalah kumpulan pemasang iklan yang bergabung bersama dalam suatu group, dimana mereka bebas mengirim iklan ke seluruh member yang tergabung didalam Safelist tersebut, tanpa harus takut dituduh melakukan SPAM, karena mereka yang bergabung di Safelist, juga diharuskan menerima iklan dari member lain
PAYOUT, adalah waktu kita dibayar ketika sudah mencapai batas pembayaran
PTC = Paid To Click
Adalah kita dibayar apabila meng-klik dan melihat iklan-iklan yang di sediakan oleh situs tersebut
PPC = Pay Per Click
Artinya kita akan dibayar apabila ada iklan yang telah dipasang di situs kita diklik oleh orang lain per unic visitor
PPS = Pay Per Sale
Artinya kita mendapatkan bayaran/ komisi jikalau kita dapat menjual produk/ jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan affiliate. System pembayarannya adalah bagi hasil/ kita mendapatkan persentase dari harga produk/ jasa tsb. Dalam hal ini kita sebagai resellernya, sebagai contoh perusahaan yang sangat terkenal adalah amazon.com
PPL = Pay Per Lead
Yang satu ini berarti kita akan mendapat bayaran apabila kita mampu merekrut seseorang lalu mengisi kotak form pendaftaran yang disediakan untuk menjadi member suatu perusahaan affiliate. Tapi syaratnya kita harus terlebih dahulu menjadi membernya.
CPC = Cost Per Click
Ini pengertiannya sama saja dengan PTC, yang mana artinya kita akan mendapatkan bayaran apabila iklan yang ada di web/ blog kita ada yang mengkliknya. Jadi semakin banyak yang mengklik otomatis semakin tebal kantong anda.. contohnya yang paling terkenal utk saat ini adalah Google Adsense.
CPM = Cost Per Million
Sepengetahuan saya sich ini menggunakan system Impression/ Page view, jadi kita akan dibayar apabila iklan yang terpasang di web/ blog kita telah mencapai 1000 X di tampilkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat membantu dalam perkembangan blog ini.

Terima kasih.